Kamis, 27 Desember 2012

Proses pembentukan mineral


Proses pembentukan mineral
1.  Proses Magmatik
Proses ini merupakan proses pembentukan mineral dengan cara pemisahan magma, yang diakibatkan oleh pendinginan dan penurunan temperature dan membentuk sartu atau lebih jenis batuan beku. Contoh mineralnya yaitu Platina, Timah, Intan, Tembaga.
2.  Proses Pengendapan dan Pelapukan
Proses ini terjadi akibat perubahan sifat fisik dan kimia pada batuan penyusun kerak bumi yang di akibatkan oleh proses atmosfer dan hidrosfer. Contoh mineralnya yaitu Kaolin.
3.  Proses Hidrotermal
Merupakan proses pengendapan larutan sisa magma yang keluar melalui rekahan pada temperature yang cukup rendah. Contoh mineralnya yaitu Kuarsa, Klorit, Calcosit.
4.  Proses Pegmatit
Proses ini merupakan kelanjutan dari proses magmatik dimana larutan sisa magma akan mengalami pendinginan atau penurunan temperature. Contoh mineralnya yaitu Emas, Graphite, Kuarsa, Pyrite.
5.  Proses Karbonatit
Merupakan proses pembentukan batuan sediment terutama yang disusun oleh mineral-mineral karbonat. Contoh mineralnya yaitu Dolomit.
6.  Skarn
Merupakan proses pembentukan mineral pada batuan samping dengan terjadinya kontak antara batuan sumber dan batuan karbonat.
7.  Sublimasi
Merupakan proses pembentukan mineral dan batuan yang terjadi  akibat proses pemadatan dari uap/gas yang berasal dari magma. Contoh mineralnya yaitu Sulfur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar